Jumat, 20 Desember 2013

Sistem Infomasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja Berbasis website, Lebih Murah dan Efektif





Sistem perancangan dalam pembuatan website Sistem Informasi K3 Berbasis Web ini  dikembangkan dengan menggunakan beberapa software yakni Macromedia Dreamweaver, AppServer yang merupakan gabungan dari Apache Web Server, PHP dan MySQL. Dengan menggunakan Macromedia Dreamweaver maka pengerjaan website akan lebih cepat dan mudah.
Sebelumnya, informasi hanya dapat diperoleh melalui media cetak dan media elektronik.Namun sekarang informasi dapat dengan mudah diperoleh melalui media internet yang merupakan hasil dari kemajuan teknologi informasi yang terus berkembang.
Keanekaragaman kemampuan yang dimiliki internet menjadikan pilihan untuk mendapatkan, menyebarkan dan bertukar informasi, karena dapat diakses kapan saja, dimana saja dengan biaya yang relative lebih murah dan lebih instan, disbanding menggunakan media yang lain.
Informasi yang disajikan di dalam internet tidak hanya berisigambar- gambar dan susunan teks yang berisi informasi suatu organisasi atau instansi tertentu, tetapi di tuntut untuk bias berhubungan secara langsung dengan database, yang dapat melayani permintaan dari client, membuatdokumen yang berisi informasi penting. Karena informasi merupakan salah satu kebutuhan masyarakat yang utama di era modern ini. Informasi begitu perlu untuk di dapatkan, disebarkan dandipertukarkan antara suatu pihak dengan pihak lain untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.
Salah satu yang dapatdimanfaatkan dari fasilitas internet adalah website.Dimana dalam fasilitas ini dapatdisajikan berbagai macam informasi. Namun dalam hal ini, informasi yang disajikan berkaitan dengan Keselamatan dan Kesehatan Kerja.
Dalam web inidijabarkan berbagai hal terkait K3. Diantaranya adalah tentang bagaimana cara melakukan identifikasi bahaya, penilaian risiko, pengendalian bahaya, sampai pada tahap monitoring dan evaluasi. Hal ini diharapkan akan mampu meningkatkan pengetahuan para penikmat informasi ini dan pada akhirnya dapat melakukan hal-hal yang telah dijelaskan tadi.Sehingga risiko  dan bahaya diberbagai tempat dapat diidentifikasi dengan metode sederhana tadi.
Selain itu, website ini juga dilengkapi gambar untuk memberikan penjelasan tambahan tentang uraian tadi. Sehingga dapat meningkatkan pemahaman para pembaca.
Dengan demikian, system informasi membawa dampak positif. Dimana  dengan perkembangan system informasi (dalam hal ini internet) membuat proses pencarian informasi menjadi mudah dan cepat. Sehingga pengetahuan masyarakat pun akan semakin bertambah seiring perkembangan teknologi informasi.


Arianto, Bayu.2012.Perancangan SistemInformasiKeselamatandanKesehatanKerjaBerbasis WEB.http://eprints.uny.ac.id/6808/1/PERANCANGAN%20SISTEM%20INFORMASI%20KESELAMATAN%20DAN%20KESEHATAN%20KERJA%20BERBASIS%20WEB.pdf.Diakses 18/12/2013 ,pukul 13.23




0 komentar:

Posting Komentar